Jumat, 15 Maret 2013

Pulau terluar yang ada di daerah Maluku,Indonesia

hallo Blooger !! kali ini saya ada tugas Softskill tentang pelajaran Kewarganegaraan, ya walau pun rada-rada kurang sedikit suka dengan pelajaran yang satu ini dan berharap dijenjang kuliah ga akan ada pelajaran tentang ini lagii ,, tpi malah ketemu lagi deh :D ... kalau kata Pak Mei Raharja (Dosen Kewarganegaraan) pelajaran ini sangat penting buat kita, agar kita bisa mengetahui tentang sejarah dan apa ajja tentang negara kita ini , jadi waktu Pak Mei yang ngajar jadi sedikit suka dan tertarik deh dengan pelajaran ini :)
okeehh !! ditugas yang pertama saya akan menulis tentang beraneka ragam pulau yang ada di Indonesia, tapi dalam tulisan ini saya akan menjelaskan tentang pulau terluar yang ada di Maluku.


Peta Negara Kesatuan Republik Indonesia


Indonesia merupakan salah satu Negara terbesar dimuka bumi ini, seperti yang kita ketahui bahwa di Indonesia banyak terdapat sumber daya alam yang telah Tuhan beri kepada makhluknya, salah satunya terdapat aneka ragam kebudayaan, aneka ragam rempah-rempah, dan masih banyak lagi yang tak pernah terhitung manfaatnya. Pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang aneka ragam pulau-pulau yang terdapat di luar Negara Indonesia, dan khususnya saya akan membahas pulau terluar yang ada di sekitar daerah Maluku.
  •    Peta Maluku


















    *    Pulau – pulau terluar yang terdapat disekitar daerah Maluku
        1.    Pulau Batarkusu

    Pulau Batarkusu terletak di Laut Timor dan berbatasan dengan negara Timor Leste/Australia. Pulau Batarkusu ini merupakan bagian dari wilayah pemerintahan Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku. Pulau ini berada disebelah Timur dari Negara Timor Leste dengan koordinat 8° 20′ 30″ LS, 130° 49′ 16″ BT.


     2.   Pulau Kisar 

    Pulau Kisar adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Selat Wetar dan berbatasan dengan Timor Leste. Pulau kisar ini merupakan bagian dari wilayah pemerintahan kabupaten Maluku,Barat Daya, provinsi Maluku. Pulau ini berada disebelah Timur Laut dari pulau Timor dengan koordinat 8° 6′ 10″ LS, 127° 8′ 36″ BT. 
    Pulau Kisar telah memiliki lapangan terbang dan landasan pacu yang bernama Bandara John. J. Bakker yang rencananya akan diperpanjang dari 800 meter menjadi 1300 meter untuk mendukung program Sail Banda untuk sementara lapangan terbang ini hanya bisa digunakan oleh pesawat kecil jenis Cassa 212 dengan kapasitas maksimal 18 orang, rencananya lapangan terbang akan diperpanjang agar bisa digunakan oleh pesawat Wings jenis ATR 82 dengan kapasitas 40 tempat duduk.

    3.  Pulau Karaweira

    Pulau Karaweira terletak di Laut Aru dan berbatasan dengan negara Australia. Pulau ini tidak berpenghuni dan oleh masyarakat setempat, pulau ini disebut juga Pulau Kararai. Pulau Kaaraweira terbagi atas dua bagian yakni Karaweira Besar (terdiri 1 buah pulau dengan luas 1,781 km2) dan Karaweira Kecil (terdiri dari 6 buah pulau dan hanya 1 pulau yang diberi nama, yaitu Pulau Doriau dengan luas 0,3755 km2). Pulau Karaweira termasuk dalam wilayah Desa Mariri, Kecamatan Aru Tengah, Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku. Luas pulau secara keseluruhan mencapai 0,6772 km2 dengan keliling pulau sepanjang 7,926 km. secara geografis, letak Pulau ini berada dititik koordinat 060 00’ 09” LS ; 134o 54’ 26” BT.

    4. Pulau Leti


    Pulau Leti adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Timor dan berbatasan dengan negara Timor Leste. Pulau Leti ini merupakan bagian dari wilayah pemerintahan Kabupaten Maluku,Barat Daya. Provinsi Maluku. Pulau ini berada disebelah timur laut dari Negara Timor Leste dengan koordinat 8° 13′ 20″ LS, 127° 38′50″ BT.

    5. Pulau Liran




    Pulau Liran adalah  pulau terluar negara Indonesia yang terletak di selat Wetar dan berbatasan dengan negara Timor Leste. Pulau Liran ini merupakan bagian dari wilayah pemerintahan Kabupaten Maluku,Barat Daya. Provinsi Maluku. Pulau ini berada disebelah utara dari Timor Leste dengan koordinat 8° 3′ 50″ LS, 125° 44′ 0″ BT.


    6.   Pulau Meatiamiarang


    Pulau Meatimiarang adalah Pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Timor dan berbatasan dengan Negara Timor Leste/Australia. Pulau Meatimiarang ini merupana bagian dari wilayah pemerintahan Kabupaten Maluku,Barat Daya. Provinsi Maluku. Pulau ini berada disebelah Timur dari Negara Timor Leste dengan koordinat 8° 21′ 9″ LS, 128° 30′ 52″ BT.



    7. Pulau Selaru

    Pulau Selaru terletak di Laut Timor dan berbatasa dengan Negara Australia. Pulau ini merupakan bagian dari wilayah pemerintahan Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Provinsi Maluku. Pulau ini berada disebelah selatan dari Pulau Jamdena dengan koordinat 8° 10′17″ LS, 131° 7′31″ BT (batas bagian paling luarnya).




    8.    Pulau Wetar

    Pulau Wetar adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Banda dan berbatasan dengan negara Timor Leste. Pulau Wetar ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Maluku Barat Daya[1], provinsi Maluku. Pulau ini berada di sebelah utara dari negara Timor Leste dengan koordinat 7° 56′ 50″ LS, 126° 28′ 10″ BT.


    Sumber :
    http://id.wikipedia.org

    Nah itulah sebagian kecil pulau terluar yang ada didaerah Maluku, semoga pulau-pulau ini dapat perhatian dari pemerintahan daerah sehingga bisa menjadi suatu kebangaan yang ada di Indonesia ,, dan agar pulau-pulau kita ga pernah lagi di jual atau dicuri oleh negara lain..
    semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua :)







2 komentar:

  1. kini sudah saatnya pemerintah/ negara menegok ke perbatasan kita karena perbatasan adalah halaman depan negara kita dengan negara tetangga, bukan halaman belakang yg sering dibiarkan terlantar,,

    BalasHapus