Senin, 12 Desember 2011

Tugas M.U (Usaha)



USAHA KUE BROWNIS SINGKONG
Tahap – Tahap  dalam perencanaan usaha ini :
Minat konsumen akan kue brownis, memang sudah terbukti bahwa sebagian masyarakat disekitar lingkungan kita tinggal sudah sangat akrab dengan cemilan yg mengenyangkan ini, sehingga selalu laris dipasaran . peluang ini lah yang dimanfaatkan sebagian orang , sehingga mereka memilih kue brownis sebagai usaha baru yang menguntungkan , apalagi bukan hanya brownis biasa yang dikelolah melainkan brownis terbuat dari singkong.
Sebagian masyarakat menyukai cemilan yang enak dan mengenyangkan, bukan hanya kalangan orang tua tetapi anak – anak pun menyukai kue satu ini. Bukan hanya itu sekarang toko – toko brownis sudah suka kita jumpai hampir disetiap tokoh oleh-oleh.
Melihat keadaan saat ini :
Melihat banyaknya peminat kue brownis singkong dan luasnya potensi pasar , maka tak ada salahnya apabila menjadikan usaha brownis singkong ini menjadi peluang usaha baru yang bias menguntungkan dan bias dimenati oleh seluruh kalangan konsumen . Untuk menjalankan bisnis ini tidaklah sulit, yang perlu disiapkan adalah modal dan keahlian dalam membuat kue brownis singkong ini. Beberapa modal yang diperlukan antara lain, bahan baku kue dan singkong dengan kualitas yang bagus dan peralatan yang akan digunakan untuk membuat adonan. Selain itu bukan hanya modal besar yang dibutuhkan tetapi juga kemauan yang akan menjadi modal utama yang wajib anda miliki agar bisnis ini tidak berhenti ditengah jalan.
Secara garis besar proses pembuatan brownis singkong ini tidaklah teramat sulit. Proses pembuatan brownis singkong dimulai dari : menyiapkan bahan yang akan digunakan , bahan-bahan tersebut sama dengan brownis yang biasa hanya saja tepung yang digunakan bukan tepung biasa melainkan tepung singkong yang telah ditumbuk halus . selain itu juga kita bias menambahkan rasa lain yang tidak akan mengubah kenikmatan kue yang satu ini.
Kelebihan Bisnis :
Bisnis kue brownis cocok dijadikan peluang usaha baru, apalagi dengan rasa dan tampilan yang baru yaitu rasa singkong , sebab peminat pada makanan ini tak pernah ada habisnya , sehingga peluang pasaranya pun  semakin besar. Proses pembuatan (produksi) brownis singkong ini juga relative mudah dan cepat untun dipelajari sehingga tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar untuk bisnis ini , sehingga skala industry perumahan pun ddapat membuat bisnis kecil – kecilan ini di rumah .
Kekurangan Bisnis :
Meski usaha kue brownis singkong ini masih terbilang baru dikalangan masyarakat, namun masih ada sebagian orang yang belum mengetahui brownis singkong ini. Disamping itu juga masih ada produk makanan ringan yang digemari masyarakat, sehingga dibutuhkan inovasi dan kekuatan pemasaran yang kuat dan baru untuk memenangkan persaingan dipasaran .
Pemasaran :
Untuk mengenal usaha baru , kita bisa mengunakan strategi pemasaran melalui pameran wisata kuliner yang sering dilakukan disekitar tempat kita tinggal. Tapi selain itu pemasaran jugabisa dilakukan dengan menitipkan pruduk brownis singkong tersebut kepada toko – toko kue atau warung sekitar rumah dan bahkan bias dititipkan disupermarket disekitar tempat tinggal kita. Dan bila anda menginginkan hal yang lain maka buatlah brosur tentang kue bronis singkong anda. Agar konsumen lebih tertarik terhadap pruduk anda dan penasaran terhadap produk yang anda buat.
Hambatan Yang Mungkin Terjadi :
Walaupun sudah banyak brownis atau makan yang lain yang beredar dipasaran, namun produk baru dengan rasa singkong yang dibuat dengan enak dan menarik maka akan berhasil merebut perhatian dan minta masyarakat luas.

Penggunaan Teknologi :
Agar bisnis anda dapat merebut hati masyarakat dan laku dipasaran, maka anda pun dapat mengunakan media elektronik seperti internet. Internet juga bias membantu anda untuk mengenalkan produk makanan brownis singkong buatan anda sampai keseluruh daerah. Pemasaran jenis online ini menggunakan website atau blog sehingga anda pun bias membuat usaha online tentang brownis singkong. Sehingga anda bisa menjangkau pasaran dimanapun berada.
Kunci Sukses :
Kesuksesan usaha baru ini terletak pada cita rasa dan inovasi terhadap produk yang ditawarkan. Dengan lebih banyak menciptakan brownis dengan rasa yang baru, maka minat yang ditunjukkan konsumen akan semakin meningkat pula. Untuk itu maka tingkatkan kemampuan anda untuk menciptakan dan membuat brownis yang enak dan tidak kalah enaknya dengan kue atau jajanan yang lain. Selain itu berikan harga yang bersaing dan dapat pula dijangkau oleh semua kalangan. Agar produk anda dapat dinikmati dan dijangkau oleh semua kalangan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar